Jumat, 29 Juli 2011

Mencari Dalang Kerusuhan, Pimpinan Munas SOKSI IX Bentuk Tim Investigasi
Kamis, 10 Juni 2010, 17:15:36 WIB
Laporan: M Hendry Ginting

Jakarta, RMOL. Empat pimpinan kolektif Munas Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) yang terdiri dari Sekretaris Muslim Fatah dan tiga anggotanya yaitu Hermansyah, Hatta Zainal dan Soemarni, sepakat membentuk tim investigasi kerusuhan Munas SOKSI IX di Cisarua, Bogor beberapa waktu lalu.

Tim investigasi ini langsung melaksanakan tugasnya dan hasilnya akan diserahkan kepada pimpinan munas, sebelum diselenggarakannya munas lanjutan yang rencananya akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

"Pembentukan tim investigasi bertujuan untuk membantu pimpinan Munas mengungkapkan peristiwa kerusuhan di sidang paripurna VII Munas. Bagaimana pun peristiwa itu harus diusut dan dituntaskan sehingga bisa diketahui siapa dalangnya," kata Muslim Fatah kepada wartawan di gedung DPR, Kamis (10/6).

Menurut dia, pembentukan tim tersebut sesuai dengan konstitusi kendati pimpinan Munas Laurence TP Siburian tidak diikutsertakan. Kata Muslim, pimpina munas bersifat kolektifda dan telah memutuskan dan menunjuk nama-nama yang cakap dan independen untuk melakukan investigasi seperti Syamsul Mu’arif yang merupakan ketua umum SOKSI demisioner, Abbas Sahib (Dewan Penasehat Demisioner), Ali Mazi (Ketua Dewan Pimpinan Daerah/Depidar Sulawesi Tenggara), Akbar Lubis (Depidar DKI Jakarta), Johnson Silitonga (Bakornas Fokusmaker) sebagai anggota-anggota tim investigasi.

Muslim Fattah menegaskan, otoritas pembentukan tim investigasi ada ditangan pimpinan munas karena pimpinan SOKSI saat ini berstatus demisioner. Langkah pimpinan munas membentuk tim, kabarnya juga dilakukan oleh pendiri SOKSI Suhardiman. Tapi karena dibentuk di luar dari keputusan pimpinan munas, maka tim itu ilegal dan inkonstitusional.

“Kami memang sudah mendengar bahwa Pak Suhardiman juga telah membentuk tim investigasi. Kami tegaskan otoritas untuk itu sesuai dengan AD/ART SOKSI ada di tangan kami dan Pak Suhardiman juga memahami hal itu. Jadi, kalau ada tim dibentuk di luar keputusan pimpinan munas, maka hasilnya tidak memiliki landasan,” jelasnya.

Dia menambahkan, tim investigasi akan bekerja dengan independen untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di tubuh SOKSI secara konstitusional. Dengan dibentuknya tim dan mengetahui hasilnya, maka segala permasalahan dapat diselesaikan dan tidak ada lagi saling tuding diantara kubu-kubu yang bertikai. Sebab alasan tim itu dibentuk, tegas Muslim semata-mata untuk menegakkan aturan yang disepakati.
[dry]

http://www.rakyatmerdeka.co.id/news/2010/06/10/95632/Mencari-Dalang-Kerusuhan,-Pimpinan-Munas-SOKSI-IX-Bentuk-Tim-Investigasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar