Jumat, 29 Juli 2011

Suhardiman Tunjuk Ade Ketua SOKSI

Besok 5 Pimpinan Munas Dipanggil

Suhardiman Tunjuk Ade Ketua SOKSI

Senin, 31 Mei 2010 - 18:08:15 WIB

PEKANBARU, METRORIAU.COM - Ketua Dewan Pimpinan Daerah Sentral Organisasi Karyawan Swamandiri Indonesia (SOKSI) Riau Hermansyah menyayangkan sikap Pendiri SOKSI Suhardiman yang menunjuk Ade Komaruddin sebagai Ketua Depinas SOKSI meskipun sidang Munas SOKSI di skor hingga Agustus mendatang.

Penunjukkan ini dinilai sebagai bentuk arogansi, dan melanggar Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) organinasi tertua partai Golkar tersebut. Untuk itu, Hermansyah mengaku akan segera menggelar pertemuan dengan 24 Depidar yang menjadi pendukung Rusli Zainal menjadi ketua Depinas SOKSI.

"Ini sebuah diskriminatif dan arogansi, dimana suara 33 Depidar yang menyetujui skor Munas tidak dianggap oleh pendiri yang dalam AD/ART SOKSI tidak dibenarkan ikut campur tangan langsung dalam Munas, termasuk pada pengambil alihan paripurna ke 7 kemarin itu,"tandasnya

Selain itu, Hermansyah menilai penunjukkan secara sepihak ini juga dinilai syarat kepentingan dan melanggar hukum yang sengaja menjegal langkah Rusli Zainal untuk duduk menjadi ketua Depinas SOKSI yang notabene mendapatkan dukungan 24 Depidar SOKSI se Indonesia.

"SOKSI itu ada aturan, semua keputusan akan diambil melalui sidang Musyawarah Nasional (Munas), sebelum ada ketetapan dari pimpinan sidang tidak ada keputusan yang bisa dilahirkan, tetapi dengan adanya penunjukkan langsung oleh pendiri SOKSI pak Suhardiman cukup kita sayangkan, karena Munas di skor hingga Agustus," ujar Hermansyah kepada metroriau.com, Senin (31/5) .

Menurut Hermansyah, besok (selasa,red) lima pimpinan sidang Munas SOKSI akan dipanggil oleh Suhardiman di Jakarta untuk membicarakan susunan struktur kepengurusan Depinas SOKSI bentukan SUhardiman.

"Saya selaku salah satu pimpinan sidang Munas SOKSI sudah mendapatkan undangan dari pendiri SOKSI dengan nomor 038.pen/soksi/V/2010 31 mei, dalam undangan ini tertulis
untuk penyelesaian Munas ke IX SOKSI kemarin," ujarnya

Pada saat pertemuan besok (hari ini,red), Hermansyah akan meminta klarifikasi keputusan Suhardiman dengan menunjuk Ade Komaruddin sebagai ketua SOKSI yang dinilai sebagai bentuk intervensi dan arogansi dalam organisasi.

Dikatakan Hermansyah, meskipun Suhardiman sudah menetapkan secara sepihak Ade Komaruddin sebagai Ketua Umum Nasional SOKSI, pihaknya tetap akan menggelar Munas pada agustus mendatang, sesuai dengan putusan sidang Munas SOKSI ke IX yang digelar Cisarua Bogor beberapa waktu lalu.

"Kami tetap akan menggelar Munas lanjutan Agustus mendatang, karena itu adalah keputusan dari sidang Munas IX lalu yang men deadlock munas hingga agustus, mengenai sikap saat ini tergantung 24 Depidar yang sudah mendeklarasikan mendukung pak Rusli Zainal," ujar Hermansyah yang juga merupakan salah satu pimpinan sidang Munas IX SOKSI itu.

Penunjukkan Ade Komaruddin yang juga merupakan kandidat Ketua Umum SOKSI pada Munas lalu itu Suhardiman pada sabtu (29/5) yang diketahui oleh Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie.

Suhardiman menyebut keputusanya untuk menunjuk langsung Ade Komaruddin sebagai ketua Depnas SOKSI sebagai jalan pintas untuk mengakhiri ketegangan dalam Munas SOKSI beberapa waktu lalu.

Meskipun menunjuk Ade, Suhardiman menyebutkan tetap akan memasukkan nama Rusli Zainal susunan struktur organisasi SOKSI, yakni menempatkan RZ sebagai wakil Dewan Pembina SOKSI atau tepat dibawah Aburizal Bakrie sebagai Dewan Pembina SOKSI.

Sebelumnya diketahui sidang MUnas SOKSI yang dipimpin lima orang itu di skor sampai Agustus mendatang, akibat situasi yang tidak kondusif yang terjadi di areal Munas

Namun, sebagai pendiri SOKSI, suhardiman secara sepihak menyatakan munas di deadlock dan diambil alih oleh pendiri SOKSI itu sendiri. "Kita menghargai pengorbanan pendiri SOKSI ini, tetapi organisasi ini mempunyai aturan yang jelas, jangan sampai ada lagi diskriminatif mengenai ini,"tandas Hermansyah.

Jalanya Munas SOKSI juga sangat panas, dimana sebelum Munas digelar, sejumlah baliho kandidat terkuat HM Rusli Zainal dirusak oleh oknum yang diduga berasal dari kandidat pesaing RZ. Jalannya sidang juga sengaja dikacaukan dengan keributan yang dilakukan oleh sejumlah kelompok bayaran untuk menjegal RZ sebagai ketua SOKSI.

Menurut Hermansyah, penjegalan langkah RZ menjadi ketua SOKSI ini sudah terlihat sejak awal Munas digelar hingga sekarang ini, dimana suasana kisruh hingga penunjukkan langsung Ade Komaruddin oleh Suhardiman selaku pendiri SOKSI.

Disinggung mengenai sikap RZ selaku kandidat yang ditawari jabatan selaku wakil dewan pembina SOKSI, Hermansyah mengaku itu sangat berat diterima oleh RZ. "Tidak mungkin RZ mengabaikan dukungan 24 depidar itu, sangat berat menerima tawaran itu,"jelasnya

Hingga berita ini diturunkan, belum ada pernyataan resmi dari kandidat kuat ketua Depinas SOKSI yang juga Gubernur Riau, HM Rusli Zainal terkait penunjukkan langsung Ade Komaruddin sebagai ketua umum SOKSI tersebut oleh pendiri SOKSI Suhardiman.

Karena pada saat penunjukkan ade komaruddin, RZ masih berada di Paris Prancis untuk menghadiri pertemuan dengan UNESCO. (Dian)

http://www.metroriau.com/read/politika/2474-2010-05-31-suhardiman-tunjuk-ade-ketua-soksi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar