Rabu, 10 Agustus 2011

3. Karyawanisme

KARYAWANISME

KARYAWANISME, SEBAGAI DOKTRIN PENGAMALAN DAN PENGAMANAN PANCASILA

DOKTRIN KARYAWANISME
DOKTRIN, ADALAH KESATUAN PEMIKIRAN YANG MELIPUTI DASAR-DASAR PEMIKIRAN SERTA PAHAM-PAHAM POKOK YANG DIJADIKAN PEDOMAN, PEGANGAN, DAN BIMBINGAN DALAM MELAKSANAKAN KEGIATAN ORGANISASI DALAM BERBAGAI BIDANG KEHIDUPAN DALAM RANGKA MENCAPAI CITA-CITA ORGANISASI.

DOKTRIN BERPERAN UNTUK MEMBERIKAN ARAH, DAN STRATEGI YANG MANTAP BAGI SUATU ORGANISASI DALAM MELAKSANAKAN PERJUANGAN, DAN PENGABDIANNYA.
DIDALAM DOKTRIN TERSEBUT TERKANDUNG ASAS, AJARAN, PRINSIP-PRINSIP POKOK, TEORI, DAN PENGALAMAN YANG SUDAH DI-UJI KEBENARANNYA, DAN DAPAT DIJADIKAN SEBAGAI PEDOMAN DASAR, DAN MENUMBUHKAN RASA PERSATUAN, DAN KESATUAN, TOLERANSI, KETAATAN DI KALANGAN PENDUKUNG-PENDUKUNGNYA DALAM RANGKA MENCAPAI TUJUAN PERJUANGANNYA.

DOKTRIN, DIJADIKAN KERANGKA BERFIKIR DALAM MENYATUKAN KONSEP YAITU: BERUPA POLA, DAN REKAYASA TENTANG HIDUP, DAN KEHIDUPAN, BAIK BERJANGKA PENDEK, MENENGAH MAUPUN PANJANG. MOTIVASINYA IALAH UNTUK MENCIPTAKAN PERUBAHAN, PEMBAHARUAN, DAN PEMBANGUNAN MANUSIA SECARA INDIVIDUAL, MASYARAKAT, BANGSA, DAN NEGARA. PROSES PERUBAHAN, PEMBARUAN, DAN PEMBANGUNAN TERSEBUT MENCIPTAKAN SUATU SISTEM INTERAKSI YANG MENGUNGKAPKAN STRUKTUR, FUNGSI, MEKANISME, DAN JUGA KULTUR.

DOKTRIN KARYAWANISME,
DOKTRIN PERJUANGAN SOKSI, DISEBUT KARYAWANISME, KARYAWANISME ADALAH PAHAM TENTANG KEBERADAAN KARYAWAN, ATAU INSAN KARYA, ATAU MANUSIA KARYA INDONESIA DALAM ALAM RAYA SEMESTA UNTUK MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN LAHIR, DAN BATIN YANG BERUPA PEMENUHAN KEBUTUHAN PANGAN, SANDANG, PERUMAHAN, KOMUNIKASI, KESEHATAN, PEKERJAAN, PENDIDIKAN, KEHIDUPAN BERAGAMA, DAN PERGAULAN DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA, DAN BERNEGARA.

KARYAWANISME BERTITIK TOLAK DARI KODRAT MANUSIA SEBAGAI MANUSIA KARYA, DALAM MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN LAHIR-BATIN, MANUSIA TELAH DIBEKALI DENGAN IMAN, ILMU, DAN AMAL. DENGAN MODAL TERSEBUT IA MAMPU MENGKOMUNIKASIKAN DIRI SECARA VERTIKAL TRANSCENDENTAL KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA SESUAI DENGAN AGAMA, DAN KEPERCAYAANNYA MASING-MASING.

SECARA INTERNAL, DAN HORIZONTAL MANUSIA DIBEKALI KEMAMPUAN UNTUK MENGOLAH, DAN MEMANFAATKAN ALAM RAYA UNTUK KESEJAHTERAAN UMAT MANUSIA SECARA ADIL, DAN BERADAB DENGAN TETAP MENJAGA, DAN MEMELIHARA KELESTARIAN ALAM RAYA SEBAGAI AJANG KEHIDUPAN, DAN PENGHIDUPAN MANUSIA.

MENURUT KONSEP KARYAWANISME, DALAM AMAL PERBUATANNYA MANUSIA SELALU MELAKUKAN KOMUNIKASI TIMBAL-BALIK DENGAN MASYARAKAT LINGKUNGANNYA, BAIK NASIONAL MAUPUN MONDIAL DENGAN DILANDASI PRINSIP PERMUSYAWARATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAH KEBIJAKSANAAN. KOMUNIKASI VERTIKAL TRANSCENDENTAL, INTERNAL, DAN HORIZONTAL HANYA DAPAT DIWUJUDKAN MELALUI KARYA NYATA.

MANUSIA KARYA SEBAGAI MAHLUK CIPTAAN TUHAN DIBEKALI KEMAPUAN UNTUK BERKARYA GUNA MENYEMPURNAKAN, DAN MEMPERBAIKI KUALITAS KEHIDUPANNYA. PENYEMPURNAAN KUALITAS KEHIDUPAN DILAKSANAKAN DENGAN BERKARYA SECARA TERUS MENERUS SELAMA HIDUPNYA.
KARYA MERUPAKAN KEGIATAN KODRATI MANUSIA DENGAN TUJUAN MEMBEBASKAN DIRINYA DARI BELENGGU KEMISKINAN, KEBODOHAN, DAN KETERBELAKANGAN GUNA MENCAPAI KEEEJAHTERAAN LAHIR BATIN. KARENA ITULAH, UNTUK MEMBERI MAKNA PADA KEHIDUPANNYA DENGAN BELAJAR DARI PENGALAMAN SEJARAH MASA LAMPAU, DAN MENATAP MASA DEPAN, MAKA DALAM EKSISTENSINYA SEKARANG INI MANUSIA KARYA SENANTIASA MERASA TERPANGGIL, DAN BERKEWAJIBAN UNTUK BER-YUDHA KARYA, MEMBANGUN KARYA GUNA MENINGKATKAN HARKAT, DAN MARTABATNYA.

MANUSIA KARYA ADALAH “HOME CREATOR” KARENA DALAM SETIAP KARYANYA IA MENCIPTA, MEMBERIKAN BENTUK, DAN ISI MELALUI DAYA CIPTA, RASA, KARSA, DAN KARYANYA YANG MANUSIAWI. HASIL CIPTA, RASA, DAN KARSA MANUSIA HANYA BERMANFAAT BILA DI-EKSPRESIKAN KEDALAM KARYA, DAN SETIAP KARYA DARI MANUSIA KARYA HARUSLAH DAPAT DIPERTANGGUNGJAWABKAN KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA, BERMANFAAT BAGI SESAMA, DAN MENJAMIN KELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP.

DENGAN DEMIKIAN KARYA ADALAH MERUPAKAN EKSPRESI MANUSIA ITU SENDIRI, KARYA MEMUNYAI MAKNA FUNGSIONAL YANG MEMUNGKINKAN SESEORANG UNTUK MEREALISASIKAN DIRI SECARA LEBIH BAIK. MELALUI KARYANYA MANUSIA AKAN MENAMPILKAN APA, DAN SIAPA DIA. BATINNYASEOLAH-OLAH DILAHIRKAN SEHINGGA TAMPIL PRIBADINYA. DENGAN KARYA, BATIN SESEORANG SEMAKIN TERBUKA, DAN DENGAN BERKARYA SESEORANG SEMAKIN MENGENAL DIRINYA SENDIRI, SEBAB SETIAP KARYA MERUPAKAN PENYINGKAPAN SELURUH PRIBADI MANUSIA KARYA.
KARYA MENURUT DOKTRIN KARYAWANISME MENUNTUT KE-IKHLASAN, KETAQWAN, KESABARAN, KETAATAN, DAN KELURUHAN BUDI MANUSIA, SEBAB KARYA MEMILIKI SIFAT ETIS, PISIKIS, DAN SOSIOLOGIS, KARENA ITULAH KARYA SELALU BERGUNA BAGI MASYARAKAT, DAN BERMAKNA BAGI DIRI SENDIRI.

KARYA PADA HAKEKATNYA ADALAH EKSPRESI PERKEMBANGAN HIDUP MANUSIA, BAIK SECARA PRIBADI MAUPUN KELOMPOK. KARYA MENCERMINKAN SEJARAH KEMAJUAN MANUSIA BERBUDAYA, KARENA ITU MENURUT DOKTRIN KARYAWANISME, KARYA ADALAH POSITIF, KONSTRUKTIF, DAN DINAMIS SERTS MENUMBUHKAN KEBANGGAAN PRIBADI, MEMBERI RASA KEBEBASAN, DAN MEMBUKA JALAN MENUJU PERGAULAN YANG SERASI DENGAN SESAMANYA.

MENURUT DOKTRIN KARYAWANISME, KARYA MELAHIRKAN KEGIATAN, DAN KEWAJIBAN YANG BERUPA AMAL PERBUATAN MANUSIA SESUAI DENGAN KODRATNYA SEBAGAI MAHLUK TUHAN YANG MAHA ESA. KARENA ITU KARYA SEBAGAI KEGIATAN KODRATI MANUSIA DILAKSANAKAN BAIK DENGAN IMBALAN BALASAN JASA, ATAU TIDAK. SIKAP INI DIKENAL DENGAN MOTTO “SEPI ING PAMRIH, RAME ING GAWE” MEMPEROLEH MAKNANYA.

KARYA MENCIPTAKAN KESEIMBANGAN, KESERASIAN, DAN KESELARASAN ANTARA HAK, KEWAJIBAN, DAN TANGGUNG JAWAB SERTA ANTARA KEPENTINGAN, KEBUTUHAN, DAN PENGORBANAN. MELALUI KARYA DIKEMBANGKAN SUMBER DAYA ALAM, DAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG POTENSIAL DALAM PEMBANGUNAN MENJADI KEKUATAN RIIL MENUJU TERCAPAINYA CITA-CITA. SUMBERDAYA ALAM, DAN SUMBER DAYA MANUSIA ITU HARUSLAH DIKELOLA DENGAN KEKUATAN SENDIRI MENJADI KEKUATAN NASIONAL UNTUK KEJAYAAN BANGSA, DAN NEGARA, BAHKAN ALAM SEMESTA.

HAL INI JELAS MENUNTUT PENGEMBANGAN, DAN PENINGKATAN KUALITAS MANUSIA KARYA SECARA TERUS MENERUS AGAR MAMPU MEN-TRANSFORMASIKAN SUMBER DAYA ALAM ITU MENJADI SARANA BUDAYA YANG MAMPU MEMBUAT MUTU KEHIDUPAN MENJADI LEBIH BAIK, PROSES TRASFORMASI INI DILAKUKAN MELALUI KARYA.

DOKTRIN KARYAWANISME SEBAGAI PENGAMALAN PANCASILA KARYAWANISME SEBAGAI PENGAMALAN PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NASIONAL MENYANGKUT WAWASAN KEBANGSAAN, ATAU NASIONALISME YANG MENGILHAMI, DAN MEMBERIKAN SEMANGAT UNTUK BERSATU PADU. DARI SUDUT PANDANG INI MAKA KARYAWANISME BOLEH DISEBUT SEBAGAI OPERASIONALISASI DARI NASIONALISME BARU, DAN TERMANIFESTASIKAN PADA KESADARAN MASYARAKAT, BERBANGSA DAN BERNEGARA, DAN KEHENDAK UNTUK BERSATU BERDASARKAN PERSAMAAN NASIB, DAN KEPENTINGAN YANG SELALU BERKEMBANG SESUAI DENGAN PROSES PERUBAHAN SOSIAL.

SEBAGAI SUATU PERJUANGAN KARYAWANISME MEMBERIKAN SUATU KEYAKINAN, KEBANGSAAN, DAN TUMPUAN HARAPAN YANG MAMPU MENJADI PENGGERAK, DAN MOTIVASI UNTUK MENDORONG SEGENAP BANGSA INDONESIA UNTUK BERSATU PADU, BERYUDHA KARYA GUNA MEWUJUDKAN MASYARAKAT ADIL MAKMUR BERDASARKAN PANCASILA.

KARYAWANISME SEBAGAI SUATU KEYAKINAN PERJUANGAN MENGANDUNG PEMIKIRAN-PEMIKIRAN KRITIS, RASIONAL OBYEKTIF, SEBAGAI ILMU, DAN KONSEP PERJUANGAN. SEBAGAI ILMU KARYAWANISME MENGANDUNG ALAM BERFIKIR YANG LOGIS, KARYAWANISME MENGAJARKAN PENGETAHUAN BAHWA REALITA YANG ADA DALAM ALAM SEMESTA INI BERSIFAT RASIONAL DIALEKTIS, DAN FUNGSIONAL INTEGRALISTIS.

DALAM KAITAN INI TRANSFORMASI, DAN REFORMASI DITEMPUH SECARA PROGRESIF EVOLUSIONER. KARYAWANISME MENGANDUNG MAKNA BAHWA SECARA OPERASIONAL, DAN KULTURAL MESTI MENGANDUNG SIKAP, DAN TATA SUSILA, YAITU SIKAP BERBUDI LUHUR, RENDAH HATI TETAPI PERKASA. HARGA DIRI SENDIRI, ATAU SESEORANG HARUS DIDASARKAN PADA NILAI PROFESIONALISME, PATRIOTISME, DAN MORAL THEISME.

KARYAWANISME MENENTUKAN AGAR SEORANG MANUSIA KARYA SELALU TAHU DIRI, HARGA DIRI, DAN CINTA KEPADA SESAMA SERTA MENGHARGAI TATA SUSILA, TAHU ADAT SEBAGAI INTI KEPRIBADIAN NASIONAL YANG LUHUR. DIDALAM MENGABDIKAN DIRI, SIKAP SEPI ING PAMRIH, RAME ING GAWE MERUPAKAN SIKAP PROFESIONALISME YANG BERWATAK, ATAU BERMORAL MENJADI ETIK YANG SELALU DI-JUNJUNG TINGGI , DAN SIKAP PATROTIK YANG TERCERMIN DALAM SEMBOYAN RAWE-RAWE RANTAS, MALANG-MALANG PUTUNG, SERTA MAJU TERUS, PANTANG MUNDUR.

DENGAN DEMIKIAN KARYAWANISME MERUPAKAN DOKTRIN UNTUK MENGAMALKAN PANCASILA, DAN MENGAMANKAN PANCASILA SEBAGAI FALSAFAH, DASAR, DAN IDEOLOGI NASIONAL. (soksi-1962)

http://www.soksi.or.id/204/tentang-soksi/pi-karyawanisme.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar