Kamis, 04 Agustus 2011

SOKSI: Pemilu 2014 Terakhir Untuk Wujudkan Demokrasi

SOKSI: Pemilu 2014 Terakhir Untuk Wujudkan Demokrasi

Medan, 19/5 (ANTARA) – Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) berharap Pemilihan Umum 2014 akan menjadi pemilu terakhir untuk mewujudkan cara-cara berdemokrasi yang benar.

“Bagi SOKSI, Pemilu 2014 harus menjadi yang terakhir untuk berdemokrasi secara benar,” ujar Ketua Tim Pengarah Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) I SOKSI Agun Gunanjar Sudarsa di Medan, Kamis.

Dalam jumpa pers disela Rapimnas ia menyebutkan, selama ini demokrasi di Indonesia cenderung hanya menjadi ajang tukar-menukar kepentingan antarpartai politik.

SOKSI berharap hal serupa tidak lagi terjadi pada Pemilu 2014. “Harapan kita, pada Pemilu 2014 tidak ada lagi pola-pola pragmatis dan praktik tukar-menukar kepentingan antarparpol,” katanya.

Agun Gunanjar yang juga Ketua Fraksi Partai Golkar MPR RI menyebutkan, cara-cara berdemokrasi yang benar harus dapat diwujudkan pada Pemilu 2014 untuk menjamin terciptanya sistem presidensial yang efektif.

Untuk itu, katanya, SOKSI juga berharap angka ambang batas parlemen sebesar 5 persen tidak diutak-atik lagi.

“Angka 5 persen jangan sampai turun lagi karena sangat penting untuk menguatkan sistem presidensial yang kita anut,” katanya.

Dengan ambang batas parlemen sebesar 5 persen, menurut Agun Gunanjar yang juga Ketua Dewan Pimpinan Nasional (Depinas) SOKSI, maka jumlah fraksi di parlemen tidak akan banyak lagi.

“Pada akhirnya akan terjadi pengelompokan fraksi secara jelas di parlemen, yakni kelompok yang menang dan kalah, tidak ada lagi kelompok yang abu-abu,” katanya.
Pada jumpa pers yang juga dihadiri Sekjen Depinas SOKSI Laurence Siburian dan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (Depidar) SOKSI Sumut Indra Alamsyah itu ia menyebutkan, dalam Rampimnas juga mengemuka gagasan untuk mengubah politik anggaran.

“SOKSI menginginkan ke depan tidak perlu lagi banyak belanja di pusat. Ini harus diubah, dimana sebagian besar belanja itu harus lebih diarahkan ke daerah,” kata Sekretaris bidang Politik DPP Partai Golkar itu. ***3***

(T. R014/
(T.R014/B/S019/S019)

http://www.antarasumut.com/berita-sumut/soksi-pemilu-2014-terakhir-untuk-wujudkan-demokrasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar