Rabu, 10 Agustus 2011

SOKSI SIAP BANTU PETANI BIG

SOKSI SIAP BANTU PETANI BIG

Sabtu, 23 Juli 2011 21:38 WIB

Dewan Pimpinan Daerah Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (Depidar SOKSI) Kalbar di amanahi Kasus PT BIG karena adanya permasalahan hukum yang mesti diselesaikan yang perkaranya menimpa para petani.

Menurut Kamarudin Syam, persoalan ini bisa diselesaikan semenjak awal, jika tidak ada upaya penghalang-halangan terhadap lelang aset milik PT BIG. Saat ini, persoalan yang menyangkut nasib ribuan pekerja di perkebunan kelapa sawit ,yang di perkirakan kian runyam. "Sebagai pejabat politik, kita hanya bisa mendorong agar menteri-menteri terkait turut berperanserta menyelesaikan masalah ini, karena benturannya tetap di pusat," ujar anggota Komisi XI DPR-RI ini.

Selain itu Kamaruddin memandang, bisa saja persoalan BIG diselesaikan dengan pengambilalihan lahan oleh perusahaan milik BUMN. Persoalannya yang saat ini dengan hutang yang melilit pinggang pada perusahaan perkebunan kelapa sawit tersebut, apakah ada perusahaan milik BUMN yang bersedia melakukanya? Legislator daerah pemilihan Kalbar tersebut mengungkapkan bahwa mereka tetap akan melakukan upaya untuk membantu kesulitan yang dialami para petani.

Sementara SOKSI yang merupakan satu diantara ormas pendiri yang berada di payung Partai Golkar bersama Kosgoro dan MKGR ini adalah organisasi masyarakat juga memiliki lembaga bantuan hukum, Dan Depidar SOKSI Kalbar siap akan membantu para pekerja termasuk petani yang mengalami kesulitan hukum. "Kalau ada permasalahan, melalui (lembaga) ini, bisa kita bantu," kata Kamaruddin.

Legislator Partai Golkar menyatakan dirinya sangat optimis akan siap membangun kembali kepengurusan SOKSI, yang saat ini telah lama vakum, yang langkah selanjutnya dirinya membuat jaringan serta membesarkan dan tersebar di seluruh Kalbar.

Acara pelantikan pengurus Depidar SOKSI Kalbar Periode 2011 - 2016 berlangsung semarak di Ruang utama Gedung Zamrud dengan kehadiran massa dari berbagai penjuru Kota Pontianak.yang dihadiri juga Ketua DPD Partai Golkar Morkes Effendi beserta para pengurus DPD Partai Golkar Kalbar.

Dalam kesempatan itu Morkes juga mengamanahkan kepada Depidar SOKSI Kalbar agar turut berperan dalam menolong kesulitan yang masih dialami para petani perkebunan kelapa sawit di lahan milik PT Benua Indah Group (BIG). , di Gedung Zamrud Khatulistiwa Pontianak, 15 Juli lalu. "Saya minta agar SOKSI berperan untuk menolong para petani BIG, mereka sudah dua tahun tak digaji (dibayar, Red). Jangan sampai mereka mengadu ke sana, mengadu ke sini, karena tidak ada yang peduli.

Tolonglah karena mereka sangat sengsara dan diperlakukan sangat jalim," ungkap mantan Bupati Ketapang. Lalu Morkes juga memaparkan kesengsaraan ribuan masyarakat petani perkebunan kelapa sawit yang bekerja di perkebunan milik PT BIG, yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Ketapang tersebut. Dia tak menampik ada semacam tembok besar yang menghadang, sehingga menjadikan persoalan petani di kawasan tersebut terombang-ambing bagai tak berkesudahan.
Sumber tribun Pontianak >ras

http://soksi.or.id/204/berita/pi-soksi-siap-bantu-petani-big.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar