Jumat, 29 Juli 2011

Ical Ketua Pembina, Konflik SOKSI Selesai

Ical Ketua Pembina, Konflik SOKSI Selesai

Aburizal Bakrie - inilah.com
Oleh: irvan ali fauzi
Nasional - Minggu, 30 Mei 2010 | 06:28 WIB

INILAH.COM, Jakarta - Suksesi kepemimpinan di Munas Sentra Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) pekan lalu berakhir deadlock. Sesuai aturan, wewenang untuk memilih pengurus Dewan Pimpinan Nasional (Depinas) organisasi sayap Partai Golkar itu diambilalih oleh tokoh pendirinya dengan batas waktu 3 bulan.

Namun, Pendiri SOKSI Suhardiman menjelaskan bahwa dirinya akan segera mengumumkan susunan kepengurusan SOKSI periode 2010-2015 hasil Munas IX, sehingga segera bisa bekerja, karena kalau menunggu tiga bulan,
terlalu lama.

Ia akan menemui Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie, yang akrab dipanggil Ical, untuk menjelaskan persoalan sebenranya yang terjadi di Munas IX SOKSI sekaligus meminta kesediaan Ical menjadi Ketua
Dewan Pembina SOKSI.

Pak Ical itu kan kader SOKSI dan saya akan minta kesediaannya menjadi ketua dewan penasehat. Mungkin setelah pertemuan itu kepengurusan baru SOKSI segera saya umumkan, ujar Suhardiman.

Sebelumnya munas yang deadlock itu terbelah kepada dua kubu kandidat ketua umum, Ade Komaruddin dan Rusli Zaenal. Hingga Munas berakhir, dua kubu itu terus bersitegang.

"Kedua-duanya belum saya panggil. Biar cooling down dulu. Jangan ada yang dikalahkan dan dimenangkan," kata Suhardiman.

Seperti yang dikatakannya, dalam menyusun kepengurusan, Suhardiman berusaha mengakomodir kedua kubu itu. Kecuali orang yang sengaja membuat munas itu deadlock.

Suhardiman memberikan sinyal, bahwa meski Rusli Zainal telah menyebabkan munas itu deadlock, namun akan tetap memberinya posisi sebagai wakil Ketua Dewan Pembina SOKSI yang akan disandingkannya dengan Aburizal Bakrie Ketua Dewan Pembina SOKSI dan Bobby Suhardiman sebagai Sekretaris Dewan Pembina.

Mengenai Ade Komaruddin, Suhardiman mengatakan bahwa sebelum munas pun sebetulnya Ade sudah unggul di atas kertas untuk terpilih sebagai Ketua Umum Depinas SOKSI.

"Menurut hitungan konservatif, 51,7% suara peserta munas untuk Ade Komaruddin," tandas Suhardiman.

Karena itu, tokoh pendiri SOKSI Suhardiman memilih Ade Komarudin sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional SOKSI.

Posisi Ade sebagai Ketua Umum Depinas organisasi sayap Partai Golkar itu akan disandingkan dengan Aburizal Bakrie sebagai Ketua Dewan Pembina SOKSI dan Bobby Suhardiman sebagai Sekretaris Dewan Pembina. Rusli Zainal, yang sebelumnya bersaing dengan Ade, juga diakomodir sebagai sebagai wakil Ketua Dewan Pembina.

Struktur pucuk pimpinan SOKSI itu, diumumkan dalam sebuah konferensi pers usai pertemuan Ade Komaruddin dengan Aburzial Bakrie yang akrab disapa Ical itu. Pertemuan tersebut juga dihadiri pendiri SOKSI, Suhardiman dan jajaran pengurus organisasi karyawan tersebut.

"Ical dinilai sebagai sosok yang pantas karena memliki jam terbang politik baik. Selain itu memiliki kharisma di antara tokoh Golkar terutama di kalangan kader muda, sehingga pantas menduduki posisi tesebut," ujar Suhardiman saat jumpa pers di restoran Sulawesi, Pasar Festival, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (29/5).

Suhardiman mengatakan dalam pertemuan tersebut Ical menyatakan bersedia menjadi Ketua Dewan Pembina SOKSI merangkap jabatan sebagai Ketua Umum Partai Golkar.

"Susunan kepengurusan akan dibentuk dalam sepekan depan," imbuh Suhardiman.

Suhardiman menegaskan, bahwa dalam membentuk struktur itu dirinya akan merangkul semua kubu yang bersaing di Munas untuk masuk dalam kepengurusan Soksi periode 2010-2015.

"Prinsipnya kita akan rangkul semuanya karena mereka anak-anak saya dan kader terbaik Soksi," pungkasnya.[van/ims]

http://m.inilah.com/read/detail/565511/ical-ketua-pembina-konflik-soksi-selesai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar